5 CARA MENGELOLA KEUANGAN SECARA EFEKTIF DAN BENAR

5 CARA MENGELOLA KEUANGAN SECARA EFEKTIF DAN BENAR

 

Di dalam usaha atau bisnis cara pengelolaan keuangan adalah salah satu hal yang perlu anda perhatikan. Apakah cara mengelola keuangan di bisnis anda sudah dalam kondisi yang efektif dan baik atau tidak. Hal ini tentunya menjadi penentu dalam keberhasilan usaha Anda. Selain itu Anda juga perlu untuk menjaga aliran dana dari perusahaan agar tidak dapat bocor dan akhirnya dapat merugikan anda. Saat mengelola keuangan tentu saja akan berbeda dengan keuangan keuangan pribadi. Anda juga perlu memahami dasar akuntansi sebelum menjalankan sebuah bisnis. Tentunya hal tersebut merupakan kan hal yang tidak mudah apalagi jika anda dituntut untuk dapat menguasai manajemen keuangan yang mana Anda harus membutuhkan keahlian yang khusus. Sekalipun usaha anda UKM ini anda harus rela merekrut orang untuk dapat membantu mengontrol keuangan perusahaan anda.

 

Berikut ini beberapa cara untuk mengelola keuangan usaha agar menjadi lebih efektif.

 

  1. Memisahkan keuangan perusahaan dengan keuangan pribadi

Cara yang pertama adalah dengan memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan perusahaan. saat anda tidak menyusahkan keuangan perusahaan dan keuangan pribadi ini akan terjadi kesalahan. Biasanya nya orang yang melakukan hal tersebut beranggapan bahwa uang perusahaan adalah uang pribadi mereka. Jika anda mempunyai pola pikir seperti itu tentu akan dapat membuat kesulitan anda untuk membedakan mana keuangan pribadi dan mana keuangan perusahaan anda. Halo yang berbahaya adalah ketika anda menggunakan uang perusahaan untuk kepentingan pribadi, dengan begitu uang perusahaan anda akan tergerus habis.

 

  1. Mengetahui pesan anda untuk mengeluarkan uang

Saat Anda mengetahui alasan anda untuk mengeluarkan maka anda dapat menekan pengeluaran Anda secara efektif. Sebelum mengeluarkan uang anda seharusnya dapat menimbang dan menganalisa apakah pengeluaran akan memberikan benefit bagi anda. Selain itu apakah hal tersebut termasuk ke dalam skala prioritas ataupun tidak. Jika ternyata tidak masuk dalam skala prioritas maka anda tidak boleh mengeluarkan uang apalagi untuk kepentingan yang tidak terlalu penting. Hal tersebut akan membebani arus kas anda disaat Anda kekurangan modal. Anda seharusnya merencanakan pengeluaran di bisnis Anda secara matang agar dapat lebih baik lagi dalam mengelola keuangan.

TRENDING :   WAJIB TAU, PELUANG BISNIS DI INTERNET BISA UNTUNG RATUSAN JUTA !

 

  1. Menjadikan hemat sebagai kebiasaan

Berhemat bukanlah berarti pelit, ketika hemat ini menjadi kebiasaan maka ini dapat meningkatkan keuntungan dari perusahaan. Anda harus mengeluarkan uang sesuai dengan apa kebutuhan yang diperlukan. Dengan berhemat ini memerlukan kedisiplinan yang begitu tinggi. Disaat Anda berhemat ini akan membuat anda selamat jika anda dihadapkan dengan kondisi perusahaan yang sedang menurun pendapatan nya.

 

  1. Melakukan putaran arus kas

Cara mengelola keuangan lainnya adalah dengan melakukan perputaran arus kas. Ada baiknya jika anda tidak berpusat pada keuntungan saja. Anda juga harus memperhatikan bagaimana cara anda mengelola hutang piutang dan juga persediaan. Nyatanya banyak pebisnis atau usaha ini mengalami kesulitan meskipun bukan mereka menunjukkan angka yang baik. Oleh karena itu Anda harus memperhatikan hal yang satu ini.

 

  1. Membayar tagihan tepat waktu

Selanjutnya yang perlu anda perhatikan adalah dengan membayar tagihan bisnis Anda saat sebelum jatuh tempo. Agar anda tidak mudah lupa Anda perlu membuat pengingat bulanan untuk dapat menaklukan memastikan tidak ada tagihan bisnis Yang terlewatkan. Dengan begitu Anda tidak akan mengalami keterlambatan dalam pembayaran biaya utang anda dan membuat keuangan bisnis anda berjalan dengan baik.

 

Itu dia beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengelola keuangan bisnis anda. Dengan cara untuk mengelola keuangan yang benar ini akan membuat usaha atau bisnis anda bisa berjalan dengan baik dan mendapatkan keuntungan secara maksimal. Semoga bermanfaat!!